- Thursday, November 6, 2014

Resume TEHNIK NORMALISASI

TEHNIK NORMALISASI

Normalisasi yaitu suatu proses yang  menyediakan sistem untuk meminimalkan terjadinya kerangkapan data diantara relasi dalam perancangan logika berbasis data dan merupakan proses pengelompokan elemen data menjadi tabel yang dapat menjukan entity dan relasi .
Normalisasasi adalah proses pengelompokan atribut - atribut dari suatu relasi sehingga membentu Well Structur Relation. Well Structur Relation adalah sebuah relasi yang jumlah kerangkapanya sedikit dan dapat berbagi kepada user untuk melakukan Insert, Delete dan Modify terhadap baris-baris data  pada relation agar tidakk terjadi Error.
Contoh :
Terdapat sebuah relation Course, dengan ketentuan sbb :
Setiap mahasiswa hanya boleh mengambil satu matakuliah saja. 
Setiap matakuliah mempunyai uang kuliah yang standar (tidak tergantung pada mahasiswa  yang mengambil matakuliah )
Proses Normalisasi adalah proses pengelompokan  data elemen menjadi tabel - tabel yang menujukan entity dan relasi. Konsep yang harus diketahui :
a. Field (Atribut) kunci 
Setiap file selalu terdapat kunci dari file berupa field / satu field yang dapat mewakili record.
Jenis Atribut terdapat pada Entitas ada bermacam tipe seperti :
Atribut Sederhana yaitu, atribut atomik (sederhana) tidak dapat di bagi menjadi atribut lain.
Atribut Komposit yaitu, atribut dapat di pecah menjadi sub atribut yang masing - masing memiliki arti tersendiri..
Atribut bernilai Tunggal yaitu, atribut yang hanya memiliki satu nnilai untuk setiapm baris.
Atribut Bernilai Jamak yaitu, atribut dapat memiliki lebih dari satu nilai untuk setiap barisnya.
Atribut Harus Bernilai yaitu, atribut memiliki nilai data untuk setiap barisanya , dalam rancangan tebelnya sehingga jika dalam pengisian dikosongkan akan terjadi kesalahan.
Atribut Bernilai Null yaitu, atribut tidak memiliki nilai data untuk setiap barisnya.
Atribut Turunan yaitu atribut nilai - nilainya di peroleh dari pengolahan atau dapat di turunkan dari atribut lain yang berkaitan.
Super Kay yaitu kumpulan dari satu / lebih entitas digunakan untuk mengidentifikasikan dengan sebuah entitas dalam entitas set. Kunci Kandidat (Candidate Key) 
yaitu satu atau satu set atribut yang mengidentifkasi  suatu kejadian secara spesifikasi dari entity atribut menyatakan secara tidak langsung dimana anda tidak dapat membuang beberapa atribut dalam set tanpa merusak kepemilikan yang unik. Jika kunci kandidat berisi lebih dari satu atribut, maka biasanya disebut sebagai composite key (kunci campuran atau gabungan).
Kunci Primer (Primery Key) yaitu dapat mengidentifikasi  satu atribut atau satu set  atribut yang tidak hanya mengidentifikasi secara unik suatu kejadian spesifik, tetapi juga dapat mewakili setiap kejadian dari suatu entity. Setiap kunci dapat menjadi kunci primer tetapi sebaliknya sebaiknya dipilih satu saja yang dapat mewakili secara menyeluruh terhadap entity yang ada.
Kunci Alternatif (Alternate Key ). Kunci alternatif adalah kunci kandidat yang tidak dipakai sebagai kunci primer. Kunci alternatif ini sering digunakan untuk kunci pengurutan misalnya dalam laporan.
Kunci Tamu (Foreign Key). Kunci tamu adalah satu atribut atau satu set minimal atribut yang melengkapi satu hubungan yang menunjukkan ke induknya. kunci tamu ditempatkan pada entity anak dan sama dengan kunci primer induk yang direlasikan. Hubungan antara entity induk dengan anak adalah hubungan satu lawan banyak (one to many relationship)
Contoh :
File Transaksi Gaji Bulanan
No Pegawai
No Bukti
Tanggal
Jumlah Gaji Kotor
Jumlah Potongan
Jumlah Gaji Bersih
Jumlah Pajak
Kunci Tamu
No Pegawai (karena Gaji berhubungan dengan file Pegawai)
Kunci Primer
No Bukti (karena unik dan mewakili entity)
Kunci Kandidat
No Pegawai + Nomor Bukti (Unik dan menunjukkan hubungan dengan file
   pegawai)
Dalam hubungan dua buah file yang punya relationship banyak lawan banyak
maka terdapat 2 kunci tamu pada file konektornya.
Contoh :
File Proyek berisi atribut
No Proyek
Tgl Mulai
Tgl Selesai
Anggaran
File Pegawai Berisi Atribut
No Pegawai
Nama
File tersebut adalah banyak lawan yaitu satu pegaawai mengerjakan lebih dari satu proyek dan 1 proyek di kerjakan lebih dari beberapa pegawai . maka pada file pegawai terdapat  kunci tamu yanitu nomor proyek dan no pegawai.
b. kunci gantung
yaitu suatu kebergantungan  Fungsi  yang mempunyai sebuah relasi R dan atribut Y adalah bergantung pada fungsi X Jika nilai X dalam R maka memili nilai hubungan Y dalam R
File relasi pegawai atribut berisi :
No Pegawai
No KTP
Nama
Tempat Lahir
Tgl Lahir
Alamat
Kota
Atribut nama bergantung pada fungsi  yang dapat menunjukan dengan fungsi nama , jika mengetahui nomor pegawai maka dapat mengetahui nama pegawai
No Pegawai à Nama  atau Nama = f (No Pegawai)
1) Ketergantungan fungsional ( Fungsional dependent ) memiliki hubungan antar 2 atribut.
2) Fully Functianaly Dependent (FFD yaitu, kombinasi rinci data jika functional dependent pada kombinasi rinci data dan tidak funcional pada bagian lain dan kombinasi rinci data
3) Ketergantungan Partial. Sebagian dari kunci dapat digunakan sebagai kunci utama.
4) Ketergantungan Transitif. Menjadi atribute biasa pada suatu relasi tetapi menjadi kunci pada realasi lain
5) Determinan. Suatu atribute (field) atau gabungan atribute dimana beberapa atribute lain bergantung sepenuhnya pada atribute tersebut.


No comments:

Post a Comment

My Video